Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Sukseskan Program Vaksinasi, Polres Kotim

Sukseskan Program Vaksinasi, Polres Kotim

Sekitar 309 anak mengikuti program khitan massal sebagai rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Jadi ke-103 Kota Madiun. Lebih lanjut, Soelis menyampaikan saat ini ada sejumlah lembaga bagi kelompok lansia yang meminta untuk divaksinasi. Namun, karena keterbatasan vaksin di Madiun, permintaan tersebut belum bisa direalisasikan. “Seperti pegawai KUA ini menjadi prioritas untuk divaksinasi karena sehabis Lebaran nanti banyak orang nikah. “Untuk guru di MI swasta, MTs swasta, dan MA swasta belum mendapatkan jatah vaksin. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Soelistyo Widyantono, mengatakan penyuntikan dosis pertama vaksin kepada ribuan orang tersebut sudah dilakukan pada 26 Maret lalu.

Sementara itu, vaksinasi Covid-19 tahap dua diperuntukan bagi pelayan publik, yang didalamnya termasuk TNI-Polri, ASN, tenaga pendidikn, pegawai pemerintahan, hotel, BUMN-BUMD, wartawan dan pedagangan. Terkait pelaksanaan tatap muka, simulasi sebenarnya sudah dilakukan sejak Desember 2020 lalu. “Memang jumlah guru yang harus divaksin mulai tingkat TK/ PAUD hingga SMA sekitar 9.040 orang. Saat ini yang di vaksin baru 2.600, dan hari ini bertambah 1.000 orang,” bebernya.

Sehingga menurutnya, perlu peran dan kehadiran guru secara langsung dalam kegiatan belajar,” kata Zulinto juga Ketua PGRI Sumsel ini. Lebih lanjut dijelaskanya, kepada semua sekolah baik negeri maupun swasta untuk mengikuti aturan yang nantinya dibuat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai tentang pembelajaran tata muka di masa Pandemi Covid-19. “Protokol Kesehatan ketat harus diterapkan untuk mencegah klaster baru kasus Covid-19 di Dumai dan suksesnya pembelajaran tatap muka tidak lepas dari komitmen dan sinergitas seluruh pemangku kepentingan,” tegasnya. Dijelaskannya, pembelajaran tatap muka akan dimulai bulan Juli 2021 seiring dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Dinkes melakukan pendataan sambil menunggu kiriman logistik vaksin.

Vaksin bagi guru swasta

Selain pemohon layanan, vaksinasi juga diberikan kepada warga di sekitar kantor tersebut dan Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari dengan alokasi 50 dosis setiap harinya. Lebih lanjut Nur Khoiri mengungkapkan, sebagian guru belum divaksin sebanyak dua kali. Menurutnya, sebelum dilakukan PTM semua guru sudah dilakukan vaksin. Ia mengemukakan, Dinas Pendidikan dan Sekolah sebaiknya memiliki manajemen pembelajaran untuk melindungi guru yang memiliki resiko terkena Covid-19. Misalnya tetap membuka pembelajaran daring bagi guru usia 50 tahun keatas dan pemilik komorbid.

Sementara itu Kadis Kesehatan kota Kupang, Retnowati terkait pelaksanaan vaksinasi bagi guru-guru dia mengatakan dinas kesehatan masih menunggu knowledge dari dinas pendidikan untuk melihat sekolah dan guru yang belum divaksin. Untuk mendapatkan vaksin, pendidik dan tenaga kependidikan yang terdaftar cukup membawa identitas diri ke lokasi vaksinasi yang ditentukan pemerintah daerah. Jika PTK tidak terdaftar, dapat menyertakan surat pernyataan dari pimpinan satuan pendidikan dan membawa surat ke lokasi vaksinasi. Selanjutnya, Kemenkes berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menghadirkan layanan vaksinasi yang paling memudahkan bagi seluruh PTK. Ia menjelaskan, vaksinasi untuk guru dan tenaga kependidikan ditargetkan selesai pada Juni 2021.

Pelaksanaan vaksinasi sebelumnya dijadwalkan di RS Selaras, tapi karena keterbatasan vaksin akhirnya vaksinasi dikembalikan ke Puskesmas Suradita. “Hal ini butuh dukungan dari lintas sektor, lintas program. Termasuk TNI, Polri dan masyarakat,” lanjutnya. Studi tersebut memiliki beberapa batasan termasuk kesulitan dalam menentukan apakah penularan virus corona terjadi di sekolah atau di luar komunitas lokal, badan tersebut mencatat. Laporan CDC menemukan bahwa siswa duduk dengan jarak kurang dari three kaki, dan penggunaan masker yang tidak memadai berkontribusi dalam penyebaran Covid-19 di sekolah. CDC juga melaporkan bahwa siswa yang makan siang di ruang kelas dapat meningkatkan penyebaran Covid-19. Vaksinasi terhadap guru diperlukan, meskipun belum diperlukannya langkah untuk membuka kembali sekolah.

Jika menunggu vaksinasi diberikan kepada para murid, maka pembelajaran tatap muka kemungkinan tidak bisa dilaksanakan pada Juli. Nadiem menjelaskan, rencana vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan selesai di akhir Juni 2021. Menurutnya, ditargetkan vaksinasi dosis pertama untuk jenjang PAUD, SD dan SLB itu paling lambat akhir minggu kedua Mei 2021. Untuk SMP paling lambat akhir minggu keempat Mei 2021 dan untuk pendidikan tinggi paling telat minggu kedua Juni. Nadiem menjelaskan, rencana vaksinasi untuk pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan selesai di akhir bulan Juni 2021. Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso, Haeriyah Yuliati menyebutkan pihaknya memprioritaskan guru SMP untuk divaksin.

“vaksinasi diberikan bagi seluruh PTK dari setiap jenjang di satuan pendidikan negeri dan swasta, baik formal maupun non-formal, termasuk pendidikan keagamaan di bawah binaan Kementerian Agama”. Kanang Ulhadi guru SD Islam Hidayaturrahman Kali Nilam Kecamatan Delta Pawan menjadi satu diantara 957 tenaga pendidik yang menerima suntikan Vaksin Sinovac. Tenaga pendidikan merupakan bagian dari kriteria kelompok petugas pelayanan publik yang dijadwalkan menerima suntikan vaksin tahap kedua pada Maret 2021. Tapi kalo memang pemerintah pusat memberikan untuk swasta, kita akan data dan berikan vaksin.

Dirinya juga berencana melakukan simulasi pasca tim verifikasi sekolah turun dari lapangan dalam mengetahui persiapan sekolah menghadapi PTM. Dalam penerapannya, karena Lampung juga sudah memiliki SOP pelaksanaan PTM, maka akan dipadukan dengan buku panduan baru yang diterbitkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. “Bahkan, warga sekitar Ponpes Miftahul Huda juga kami ajak untuk mengikuti vaksin Covid-19, dan mereka juga sangat mau,” jelas Nandang. ’’Kami mengimbau nakes yang pada gelombang pertama tidak mendapatkan vaksin dikarenakan kondisi tertentu segera mendatangi faskes guna mendapatkan vaksinasi,’’ terang Nadia. Informasi yang berkualitas pun bercampur dengan informasi palsu tanpa mutu. Republika.id bergiat untuk terus memandu umat pada sumber literasi yang kredibel.

Riset melibatkan sekitar 2.600 siswa dan 700 anggota staf sekolah dasar distrik sekolah menunjukkan sembilan kelompok kasus Covid-19 yang melibatkan 13 pendidik dan 32 siswa di enam sekolah dasar. Studi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat menunjukkan signifikannya keberadaan guru dalam penularan Covid-19 di sekolah-sekolah. Sehingga CDC merekomendasikan vaksinasi Covid-19 untuk pendidik perlu dipertimbangkan sebagai langkah mencegah Daftar Togel Online penularan. Mengusung tagline Cerah dan Terbarukan, bermakna Wartasuluh menyajikan berita yang bisa menginspirasi pembaca untuk hal-hal positif dan menyajikan berita-berita aktual, terkini atau terbarukan, secara independen. Harapan kami, Wartasuluh.com bisa hadir di tengah pembaca sebagai acuan jurnalisme jujur dan baik di tengah derasnya aliran informasi yang tak jelas kebenarannya . Masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 terutama saat menjalani salat tarawih dan tadarus Alquran.

Leave a Reply